25 Rahasia Sukses Orang Jepang Bisa Jadi Kaya Raya


1. Malu
Budaya malu yang dimiliki oleh masyarakat Jepang sudah ada sejak era samurai, atau lebih dikenal dengan sebutan "harakiri" yaitu bunuh diri dengan menusukkan pisau atau samurai ke perut ketika mengalami kekalahan.

Sedangkan dalam zaman modern ini budaya malu dijepang bisa kita lihat pengunduran diri para pejabat yang telah gagal dalam menjalankan tugasnya dan tersangkut kasus korupsi.

2. Mandiri
Orang Jepang terbiasa hidup mandiri karena sudah dilatih sejak kecil, misalnya : anak TK diwajibkan untuk memperhatikan keperluannya sendiri. Anak TK tersebut harus membawa 3 tas besar berisi pakaian ganti, bungkusan makan siang, sepatu ganti, buku-buku, handuk dan botol besar untuk minuman.

Setelah lulus SMA, orang Jepang sudah memiliki kebiasaan tidak lagi meminta pada orangtua. Mereka sudah mencari uang sendiri dengan kerja part time untuk biaya sekolah dan kehidupan sehari-hari. Jika kehabisan uang, mereka “meminjam” uang ke orang tua dan akan mereka kembalikan pada bulan berikutnya.

3. Pantang menyerah
Kita tahu bahwa Jepang adalah negara kecil yang mampu menguasai sebagian wilayah dunia terutama dalam industri otomotif. Bencana beruntun terjadi tahun 1945 dimulai dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, kemudian Jepang kalah pada perang dunia II dan terjadi gempa bumi besar di Tokyo.

Ternyata jepang tidak mengalami galau dan terpuruk berkepanjangan, dalam beberapa tahun pasca bencana tersebut Jepang berhasil bangkit dan mengusai industri otomotif dan mampu membuat kereta cepat atau lebih dikenal sebagai "shinkansen"
Latest


EmoticonEmoticon